Table Manner - Cara Makan di Restoran Mewah?

Table Manner Unikom di el Royale Hotel Bandung


Siapa sih yang pernah merasa gagap saat pertama kali diajak makan di restoran mewah? Tiba-tiba bingung bagaimana cara makan di restoran mewah ala internasional, ambil minum bahkan bersikap seperti duduk saja sampai ngga nyaman saking bingungnya. Lirik kanan lirik kiri akhirnya malah lewat deh masa-masa menikmati makanan yang seharusnya enak malah jadi enek.

Ternyata kekhawatiran yang demikian itu bisa diobati dengan mengetahui "Table Manner". Di salah satu mata kuliah yang saya ambil ada materi ini, lho. Eh ngga sekadar materi tapi langsung praktik.

Table Manner Unikom di el Royale Hotel Bandung

Sesi Table Manner yang saya ikuti saat itu berlangsung tanggal 19 Juli 2018 di el Royale Hotel Bandung, terletak di Jl. Braga No.2 Kota Bandung. Table Manner ini merupakan acara yang diadakan Korps Protokoler Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). Kegiatan ini ada di rangkaian materi kuliah Kepribadian dan Komunikasi yang saya ambil. Untuk biayanya kurang lebih Rp 175.000,- per mahasiswa dan ini wajib.

Sayangnya kegiatan table manner diadakan di hari kerja. Waktu itu dengan diskusi pernegosiasian yang cukup penuh usaha(?), alhamdulillah suami memutuskan untuk cuti dan mengisi jadwal menemani Hafshah. Jadi untuk mahasiswa kelas karyawan memang lagi-lagi perlu pengorbanan tapi memang ada juga beberapa yang berhalangan hadir.

Balik lagi soal....

Table Manner adalah tata cara atau etika makan dan minum yang baik dan benar di meja makan. Tidak hanya soal cara menggunakan peralatan makan dan minum, di dalam materi table manner dijelaskan juga mengenai penampilan, cara bersikap, bahkan saat mendapat undangan dijelaskan juga bagaimana cara membalasnya. 

Saat acara Table Manner Unikom dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi pertama ada sambutan-sambutan. Setelah itu kita diajak berkeliling hotel mulai dari resto sampai mengenal fasilitas di dalam kamar hotel.

Kamar El Royale Hotel  Acara Table Manner Unikom
Kamar el Royale Hotel Bandung

Sesi berikutnya adalah pemaparan terkait tips-tips saat wawancara HRD bahkan etika kita di media sosial yang ditilik oleh HRD. Hal ini disampaikan oleh Ibu Fauziah Dayu selaku Human Resources Manager  éL Royale Hotel Bandung. Di sesi ini Ibu Fauziah menarik banyak mahasiswa dengan berbagai pertanyaan dan hadiahnya. Saya pun berkesempatan dapat goodie bag juga. Lumayaaan... Materi yang dibawakan Ibu Fauziah pun sangat bermanfaat apalagi bagi fresh graduate yang baru pertama kali akan mendaftar kerja. Beberapa materi juga pernah disampaikan Ibu Siti Fatimah selaku dosen kelas Prikom yang kami ambil. Jadi semakin terlengkapi.

Oh iya, di awal kami juga sempat diminta Ibu Fauziah memilih jari dari kelima jari. Ternyata masing-masing pilihan ada artinya. Jika kita memilih ibu jari ada kecenderungan sifat mengayomi. Kelingking kecenderungan sifat menyukai persahabatan. Jari manis kecenderungan sifat menyukai keindahan. Telunjuk kecenderungan sifat suka memerintah tapi tidak suka diperintah. Jari tengah kecenderungan memiliki sifat ambisi lebih besar.

Sesi terakhir diisi oleh Pak Fajar Madewa sebagai Assitant Food & Beverage Manager  éL Royale Hotel Bandung. Di sesi inilah saatnya makan...makan!!!

Tata Cara Makan sesuai Table Manner

Ada beberapa poin terkait Table Manner yang saya catat. Tentunya ini tidak selengkap pemaparan langsungnya. Beberapa poin tersebut:
  • Posisi kaki tidak boleh ditumpuk
  • Posisi tas tidak di atas meja, tas kecil di belakang senderan/gantung di meja kalau ada gantungannya
  • Posisi hp silent dan tidak boleh di atas meja
  • Jaga posisi saat berbicara
  • Habiskan makananan dan minuman
  • Berbicara jangan terlalu keras
  • Tema pembicaraan lepas dari unsur politik dan SARA
  • Posisi tangan di atas meja sampai batas lengan jas panjang

Nah langsung saja saya share pengalaman saat acara Table Manner Unikom di el Royale Hotel Bandung.

Praktik table manner kami disajikan dengan gaya western atau lebih dikenal dengan fine dining. Jadi ada 4 menu yang disajikan secara bertahap. Ada Hawaiian Chicken Salad (Appetizer), Cream Corn Soup (Soup), Sirloin Steak with Barbeque Sauce + Potato Wedges (Main Course) dan Truffle Cake with Chocolate Sauce (Dessert).

Jenis-jenis Alat Makan - Table Manner


Sebelum mulai makan, kita diperkenalkan beberapa alat makan. Yang disajikan saat itu modelnya semi formal table set up. Ada dinner knife, soup spoon, knife, bread plate, butter knife, salad fork, dinner fork, desert fork, napkin, tea cup and saucer dan water glass. Untuk gambar yang ada di atas kurang ke kanan. Jadi dinner knife, soup spoon dan knife  bagian kita berada di sebelah kanan. Salah ambil posisi dokumentasi, nih. Maafkan... Posisi duduk kita lurus dengan napkin. Nanti bisa dilihat di bawah saat sajian menunya.

Cara menggunakan napkin. Tinggal kita buka lipatan napkin lalu letakkan di atas paha (dipangku). Jika kita hendak meninggalkan meja makan sebentar, napkin bisa diletakkan di senderan kursi. Namun jika kita meletakkannya di meja itu artinya kita sudah selesai makan. Napkin juga bisa digunakan saat makanan kita jatuh di meja, ambil menggunakan napkin, lalu minta ganti napkinnya. Selain itu ketika kita bersin, bisa ditutup dengan napkin, kemudian minta ganti napkinnya.

Table Manner Cara Menggunakan Alat Makan
Cara Menggunakan Alat Makan 

Tidak lama kemudian datang roti dan butter. Roti dan butter ini adalah makanan pendamping dari awal sampai main course dihidangkan. Jadi tidak perlu terburu-buru menghabiskannya. Nanti malah kekenyangan. Bisa dimakan sambil nunggu menu-menunya disajikan. Dan cara makannya pertama kali kita buka butter, kemudian sobek sedikit rotinya. Ambil butter dengan menggunakan butter knife. Oleskan ke roti. Dan yummm...Jangan lupa dahulukan dengan bismillah dan eits ada hal yang saya pertanyakan. Ternyata dijelaskan juga oleh Pak Fajar, bagi yang muslim bisa menggunakan tangan kanan, ya! Setelah ambil butter kita bisa letakkan dahulu butter knife lalu makan dengan tangan kanan.
“Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya” (HR. Muslim)
Appetizer Menu Table Manner
Appetizer: Hawaiian Chicken Salad

Hawaiian Chicken Salad ini terdiri dari beberapa jenis sayuran. Untuk menikmatinya dengan menggunakan salad fork yang ada di sebelah dinner fork. Hati


Soup Menu Table Manner
Soup: Cream Corn Soup

Gunakan soup spoon untuk menikmati sup, jadi meski mangkuk seperti cangkir tidak serta merta makan sup langsung dari mangkuknya. Dan makannya dari samping spoon. Jika ingin mendinginkan Cream Corn Soup, bisa dengan mengaduknya, semakin dingin semakin kental. Oh iya, ketika sup hampir habis, miringkan mangkuk ke depan, lalu arahkan sendok ke arah depan juga untuk mengambilnya. Setelah selesai spon diletakkan di piring, di bawah telinga cup kanan.


Main Course Menu Table Manner
Main Course Menu: Sirloin Steak with Barbeque Sauce + Potato Wedges 

Nah.. ini dia menu utamanya. Sirloin Steak with Barbeque Sauce plus Potato Wedges. Untuk steak ada beberapa tingkat kematangan. Saya lupa ini seberapa tingkat kematangannya. Dulu saya masih belum mengerti jadi setiap makan steak pilih yang well done. Ternyata bagi para pecinta steak akan memilih tingkat kematangan medium rare. Di tingkat medium rare inilah akan terasa juicy-juicynya.

Jangan lupa, jika sudah selesai makan, posisi sendok/garpu/pisau diletakkan sesuai posisi jam 4 dalam keadaan terbuka (intip lagi gambarnya ada di atas, ya). Ternyata eh ternyata kalau posisi sendok dan garpu kita disilangkan dalam keadaan tertutup itu artinya kita minta nambah, lho. Baru tahu? Sama!

Berhubung Hafshah lagi sakit dan saya sudah bilang untuk pulang tidak lama setelah dzuhur, saya langsung izin undur diri. Jadi tidak sempat deh nyicip dessertnya. Keseluruhan menu sangat bersabat di lidah. Dan materinya juga bermanfaat. Terima kasih kepada semua pihak penyelenggara.

Closingnya Pakai Lagunya Nussa sama Rara ya..

Makan jangan asal makan
Perut buncit langsung kenyang
Makan pakai aturan
Yang nabi ajarkan

Makan jangan asal makan
Perut buncit langsung kenyang
Raihlah keberkahan
Dalam setiap makan

Let’s go Let’s go
Let’s go Let’s go

Cuci bersih tanganmu
Ucapkanlah bismillah
Gunakan tangan kananmu
Biasakan tak berdiri

Jangan tiup yang panas
Lebih baik di kipas
Minum dalam tiga tegukan
Satu dua tiga

Jangan-jangan yang baca sambil nyanyi :D

Komentar

  1. Haha iya nyanyi jadinya wkwk. Lagu wajib anakku tiap hari haha.

    Baru tau ada definisi di balik tiap jari dan langkah makan sesuai prinsip table manner itu ky apa.

    Makasih tth :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh samaan lagunya. Sami-sami, Teh Ijah...

      Hapus
  2. Wah ini mah aku banget Teh, suka bingung kalo diajak makan di restoran mevvah hehe, berasa serba salah. Makasih banget ilmunya, Teh. Ini sih penting banget

    BalasHapus
  3. Aih, asyik banget belajar table manner sekalian nyicip menu hotel, sayang dessertnya ga sempet ya

    BalasHapus
  4. Jadi inget zaman kuliah dan ngajar anak perkantoran hihi🤗

    BalasHapus
  5. Oh pantesan mahal, ..... menu utamanya steak :D

    eniwei, manner penting banget dalam kehidupan sosial

    Sewaktu prasmanan, saya sering ngelihat orang ngambil makanan banyak2 , eh ngga diabisin.

    Mereka ngga peduli orang lain ngga kebagian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih ya, Bu. Jadi inget di hotel mana gitu sampai ditulis di papan sisa makanan yang terbuang :(

      Hapus
  6. Aku banget nih, suka gagap makan di restoran mewah karena nggak pernah belajar table manner huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung praktik di TKP ya, Teh 👍👍

      Hapus
  7. Bermanfaat bangeet soal table manner. Biar nanti kalau diajak ke restoran mevah gak malu-maluin. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh Dian. Siapa tahu kelak sering makan bareng pedjabat ya 😬

      Hapus
  8. Waduh, kalo udah masalah fine dining gini emang ribet bingits yaa... Tapi memang perlu belajar supaya ngga malu2in hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, teh. Kalau udah denger fine dining keinget makanan porsi kecil dengan teretektektekteknya. Hehe

      Hapus
  9. Wah ternyata table manner ada kuliahnya yah. Menarik. Iya suka bingung sih kalo makan di resto mewah, maklum beda budayanya hehe. Itu makanannya mengeni banged.

    BalasHapus
  10. Saya belajar makan eh mempelajari tata cara makan di meja begitu maksudnya dulu waktu mau kerja ke luar negeri. Sekarang semua sudah lupa lagi kecuali menyuap pakai tangan kanan hahaha

    BalasHapus
  11. Aku termasuk yang gak ngerti tentang table manner dan segala aturannya, haha kayaknya perlu kursus dulu deh sama mba syifa,

    BalasHapus
  12. Aku pernah nig kyk gini mba,, sempet bingung pakai sendok sekenanya lupa bngt pshl dulu pernah bljar table manner padahal waktu sekolah

    BalasHapus
  13. Terlihat sepele, tapi banyak yang belum paham ya hahaha, nah baru tahu juga nih tentang Napkin

    BalasHapus
  14. saya belajar table manner pas di sma , bersyukur dari sma karena bisa tau cara makan di hotel maupun diacara resmi

    BalasHapus
  15. Saya pernah diajak kelas table manner, sayang jauh jadi ga bisa.. Yg bikin grogi itu peralatan makannya, pakai yg mana duluan dan posisi duduk harus tegap..

    Biasa makan di warteg n foodcort jadi jiper xD

    BalasHapus
  16. Mbak aku jd keinget pelajaran tata boga saat SMP jg diajarin kyk gtu hehe. Iru kyknya ala2 Eropa ya mbak.
    Kalau di Indonesia lbh bebas asal pakai sendok garpu hehe :D
    Soal makan pakai tangan kiri aku suka nabrakin, kalau dikasi pisau dan garpu, aku tetep pakai tangan kanan utk megang garpunya, tapi pas motong pakai kiri, jd saat menyuap pisau kutaruh, garpu pindah kanan, tau deh bener apa gak yg penting makan pakai kanan

    BalasHapus
  17. Pengetahuan banget ini. Ternyata cara terbaik meletakkan sendok setelah makan itu searah jam 4 ya.

    Nah, saya senang nih mampir ke sini. Sebab selama ini sering saling asumsi sama teman teman soal table manner yang mana banyakan makan dengan tangan kiri untuk menyuap. Padahal tetap bisa disiasati dengan tangan kanan.

    BalasHapus
  18. Kalau pakai pisau gitu..menur me ku mending diirisin semua..ntar tinggal makan pakai garpu..jadi makan tetap pake tangan kanan...

    BalasHapus
  19. Daku belum pernah dengan cara table manner, ingin sekali mencoba kek apa rasanya, hahah, biar tambah pengalaman

    BalasHapus
  20. aku belum pernah ikut belajar table manner. Sejauh ini cuma mempelajari dari buku aja

    BalasHapus
  21. Wah saya pun pastinya gagap kalau makan malam di resto mewah karena nggak tahu table manner, kalau jadi pejabat atau selebritis kayaknya mesti ya kursus table manner karena pastinya sering makan di restoran mewah

    BalasHapus
  22. Wah, bagus deh kelasnya. Aku jadi kepengen ikutan. Aku gak tahu lho table manner yang bener cara makan di restoran. Sejauh ini sih pake cara yang aku kira2 sendiri aja. :D

    BalasHapus
  23. Kok ak kerawa yaa.. Inget dulu diajak dinner sama satu peerusahaan ternama di restoran mewah sendok, garpunya banyak bingung mau pakai yg Man dulu untung ada teman yg ngerti

    BalasHapus
  24. wah ini jarang banget ada yang bahas sih menurut aku, infonya bermanfaat banget. aku masih suka taro hp di atas meja, sepertinya ini harus bener-bener di kurangin atau di buang kebiasaannya.

    BalasHapus
  25. Hadeeuh njlimet ya ternyata to semua Tara cara itu ada artinya kan . Tapi seru kok sekali kali mkn rapih hhh

    BalasHapus
  26. Pas smk saya belajar tabble manner terus pas kuliah juga sama hehe jadi kangen belajar tabble manner lagi deh

    BalasHapus
  27. Sebenernya manner di tempat makan mana aja agak mirip-mirip ya mba, selama sopan. bedanya ada napkin dan peralatan makannya lebih banyak. hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar