Pengalaman Perpanjang SIM Tanpa Perantara di Brebes



SIM (Surat Izin Mengemudi) diperpanjang setiap lima tahun sekali. SIM perdana saya dibuat tahun 2014 sehingga masa berlakunya berakhir di tahun 2019 tepatnya di awal bulan Mei. SIM (Surat Izin Mengemudi) milik saya dibuat sesuai alamat tempat tinggal yaitu di Brebes. Sedangkan domisili saya saat ini berada di Bandung. Mau tidak mau sebelum awal Mei 2019 (keterangannya 14 hari sebelum) saya harus mengurus perpanjangan SIM.

Masalahnya, beberapa bulan ke depan saya belum tentu bisa pulang pergi Brebes-Bandung dengan leluasa. Rencana pulang pun kemungkinan besar di libur Idul Fitri saja dan itu sudah melewati masa berlaku SIM.

Kemudian saya mendapat kabar bahwa pertengahan Januari 2019 ada sepupu melangsungkan acara pernikahan di Brebes. Mumpung perkuliahan di Bandung belum dimulai, saya sempatkan untuk pulang sekaligus untuk mengurus SIM. 

Hasil tanya ke beberapa saudara, SIM baru bisa diperpanjang mendekati masa berlaku habis (14 hari sebelum). Namun membaca di suatu artikel, SIM bisa diperpanjang bahkan satu tahun sebelum masa berlaku habis (ini belum dikonfirmasi validasinya). Hal ini awalnya membuat saya maju-mundur.

Akhirnya saya coba saja datang ke Satlantas Polres Brebes yang ada di depan SMPN 2 Brebes, tepatnya Jl. Veteran No.2 Brebes. Kalau dari arah RSUD, lampu merah belok kiri melewati rel kereta api. Setelah melewati rel langsung belok ke kanan menuju tempat parkir motor.

Alhamdulillah ternyata perpanjangan SIM saya dapat diproses. Awalnya beberapa calo atau perantara menyapa dan menawarkan diri. Iseng saya tanya jika diuruskan berapa biayanya. Mereka menjawab, seikhlasnya. Saya kemudian mengucapkan terima kasih dan undur diri untuk mencoba mengurus sendiri. 

Proses Perpanjangan SIM di Satlantas Brebes

Untuk proses perpanjangan SIM yang saya alami adalah sebagai berikut:

  1. Tes Kesehatan

  2. Tes kesehatan berada di tempat terpisah. Dari gerbang depan Satlantas Polres Brebes belok ke kanan, menyisir tepian sungai. Melewati kurang lebih tiga jembatan (saat itu jembatannya berwarna merah) lalu belok ke kanan, ke pemukiman penduduk.

    Tes Kesehatan Perpanjang SIm
    Tempat Tes Kesehatan untuk Perpanjang SIM di Brebes

    Sampai di tempat tes kesehatan, kita langsung memberikan foto copy KTP kepada petugas yang berada di pintu masuk. Setelah itu menunggu nama kita dipanggil. Saat tes, kita diminta untuk menimbang berat badan dan cek tensi darah. Kemudian membayar biaya sebesar Rp 60.000,- (usahakan uang pas)

  3. Tes Golongan Darah
  4. Dari ruang tes kesehatan kita langsung menuju ke ruang tes golongan darah. Jika di KTP belum ada golongan darahnya, petugas akan menanyakan sudah pernah tes atau belum dan jika sudah akan diminta kartu golongan darah. Jika belum, petugas akan melakukan tes golongan darah. Untuk tes ini dikenakan biaya sebesar Rp 35.000,-

  5. Isi Formulir
  6. Selesai tes kesehatan kita langsung menuju ke Satlantas Polres Brebes. Di gerbang depan akan ada petugas yang akan mengarahkan dan kita diminta mengisi buku tamu. Sebelum masuk ke ruang pengurusan SIM, kita juga diminta untuk mengisi buku tamu kembali.

    Antrian Saat Perpanjang SIM
    Loket di Satlantas Brebes Tempat Pengurusan SIM

    Masuk ruangan, kita langsung memberikan berkas hasil tes kesehatan, foto copy KTP dan SIM asli ke Loket Disable dan Pendaftaran Perpanjangan. Setelah itu nama kita akan dipanggil dan diserahkan map berisi formulir yang harus diisi. Petunjuk pengisian data ada di meja dekat loket. 

  7. Bayar
  8. Jika data di formulir sudah dilengkapi kemudian diserahkan ke Loket 2 - BRI/Pembayaran PNBP dan langsung menyerahkan biayanya. Karena saya melakukan perpanjangan SIM C sehingga dikenakan biaya sebesar Rp 75.000,- untuk kriteria lain dikenakan biaya yang berbeda-beda.

    Biaya Penerbitan Baru dan Perpanjangan SIM
    Biaya Penerbitan SIM

  9. Foto
  10. Saat masuk ke ruang foto bukan satu dua orang saja yang dipanggil melainkan sekaligus, sampai 10 orang mungkin(?) Sehingga ruang mungil itu pun sesak antrian. Namun seperti saat membuat SIM dulu, untuk pengantri wanita didahulukan. Sehingga saya tidak perlu berlama-lama berdiri di antara bapak-bapak yang mengantri.

    Di ruang foto kita akan diambil foto dari ujung kepala sampai bahu untuk dicetak di SIM dan dikonfirmasi datanya. Kalau saya sendiri nama yang ada di SIM lama berbeda dengan KTP karena dulu sewaktu membuat saya hanya mengangguk saja saat petugas menanyakan nama, saya mengira yang disebut hanya nama depan. Ternyata nama belakang saya tidak terinput. Untuk itu saya konfirmasikan ke petugas. Selesai foto, dan validasi data kemudian tanda tangan ditigal dan perekaman sidik jari.

  11. Menunggu SIM dicetak
    Terakhir kita tinggal menunggu SIM dicetak. Saya menunggu di bagian pojok dan ternyata ada pojok menyusui bagi busui dan ada perpustakaan juga. Selain itu, oang-orang yang mengantri pun mendapat hiburan film dari LCD yang dipajang disudut ruangan. Kebersihan dan suhu ruangan juga terjaga. Sehingga saya cukup nyaman, tidak terlalu sumpek. Hehehe.

Saya datang sekitar pukul 08.15 WIB dan selesai pukul 09.27 WIB. Total waktu kurang lebih 1 Jam 12 menit. Kalau ada yang klaim waktunya lebih cepat atau lebih lambat ya setiap orang berbeda-beda. Lebih cepat ,mungkin antriannya di baris terdepan, begitu buka langsung blus. Lebih lambat, mungkin pas lagi ramai yang mengantri. Sedangkan untuk biaya perpanjangan SIM totalnya sebesar Rp 170.000,- bisa saja yang memiliki kartu golongan darah lebih hemat karena tidak perlu cek ulang, sehingga hanya membayar total biaya Rp 135.000,-

Hal-hal yang Harus Disiapkan untuk Perpanjang SIM di Satlantas Brebes


Dokumen yang harus disiapkan:
  1. Foto copy KTP
  2. SIM lama
  3. Jika di KTP tidak disebutkan golongan darahnya lebih baik membawa kartu golongan darah

Total Biaya:
Rp 170.000,- (termasuk biaya perpanjang SIM, tes golongan darah dan tes kesehatan)

Durasi:
+- 1 jam (menyesuaikan antrian)

Komentar

  1. Owh 170an yaa, kirain 300an loh... ternyata gampang ya, ngga ribet atau hrs nyalo...

    BalasHapus
  2. Waah sebentar ya teh <3
    Kujuga waktu ujian praktek sim ampe simnya keluar ga pake lama. Sistem skrg lbh pangkas <3

    BalasHapus
  3. Perpanjang SIM udah gampang ya harusnya ga usah pake jasa perantara

    BalasHapus
  4. Wow lumayan mudah dan cepat ya teh btw entah kenapa saya belum niat punya sim cz ga bisa nyetir atau naik motor soalnya ngga punya kendaraannya hihi btw tfs ya

    BalasHapus
  5. Barangkali tau info untuk memperpanjang SIM yang sudah keburu habis masa berlakunya. Harus bikin baru atau gimana?

    BalasHapus
  6. Kalau perpanjang SIM boleh 3 bulan sebelum masa berlaku habis nggak teh?

    BalasHapus
  7. wah, gak mahal ya ternyata biayanya....
    tapi aku belum bisa mengendarai motor atau mobil sih, semoga tahun ini udah bisa nyetir.. aamiin :D

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah diingatkan.
    Aku juga harus perpanjangan tahun ini.

    Boleh gak siih kalau 4 bulan sebelumnya?
    ((khawatir terlewat))

    BalasHapus
  9. SIM aku bentar lagi habis nih akhor tahun ini klo ga salah jd ada pencerahan nih..kuang lebih sama lah ya di daerah lain juga...

    BalasHapus
  10. Wah,kalo simnya pindah alamat gimana tuh teh? Gak sempet nanya2 yah? Hehe. Apa gak usah di urus?

    BalasHapus
  11. Baru tahu kalau perpanjang SIM tuh kayak gini tahapannya. Maklum aku nggak bisa nyetir kendaraan jadi nggak tau hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar