Cara Hemat Menikmati Liburan di Bandung


Liburan adakalanya seperti dua mata sisi uang yang berbeda. Satu sisi adalah hal yang ditunggu. Sisi lainnya adalah hal yang membuat hati siap merelakan isi dompet terkuras, sisi ini akan lebih terasa manakala sudah berumah tangga dan anak-anak semakin banyak. Makanya perlu banget supaya bisa tetap liburan dengan melakukan tips dan trik yang sesuai.

Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat yang sering menjadi tujuan destinasi liburan. Setiap akhir pekan tempat-tempat rekreasi di Bandung baik yang di perkotaan maupun sampai ke kabupaten ramai oleh pengunjung.

Tak terkecuali bagi kami. Rasanya tak pernah puas menjelajahi setiap sudut Bandung. Meski sudah pernah mengunjungi salah satu tempat wisata pun adakalanya ingin datang lagi. Karena renovasi baik itu penambahan wahana bermain atau sekadar ruang tafakur maupun pembaruan tempat wisata yang begitu menarik.

Seperti Farm House Lembang yang awal-awal saat masih baru kemudian terdapat sudut-sudut beberbeda dengan apa yang kami lihat serta nikmati beberapa bulan lalu. Reportasenya ada di channel youtube, ya (:

Balik lagi ke liburan. Demi  agar supaya  bisa menikmati liburan dengan keamanan isi dompet yang terjaga. Yes. Apalagi bagi kita, para emak yang merangkap sebagai penasehat presiden republik rumah tangga atau bahkan terjun langsung jadi bendahara. Agar liburan yang menyenangkan tidak berujung menyengsarakan. Ya kan awal bulan liburan, menjelang akhir bulan menu di meja makan jadi baso, soto ayam bawang (baca: mie yang sedap) nah kalau keseringan nantinya malah jadi penyakit :( Oleh karena itu kita harus mengetahui
 caranya.

Nah berikut tips ala-ala saya. Cara hemat menikmati liburan di Bandung:

  1. Pastikan budget maksimal
  2. Ini poin penting dalam berhemat. Kita harus mengenali kemampuan isi dompet. Jangan sampai malah minus atau kejadian awal bulan baru gajian, dompet sampai isi atm ludes buat liburan. Kalau perlu ditulis dan dirinci berapa budget tiket masuk, makan, penginapan (jika menginap) dan hal tak terduga. Hal tak terduga misalnya beli sandal jepit karena sol sepatu rusak, dll.
     
  3. Pilih destinasi dan akomodasi yang tepat
  4.   Where and how. Ke mana destinasi kita dan bagaimana cara menempuh perjalanannya juga menjadi hal yang perlu diperhatikan.
    Destinasi wisata hendaknya ditentukan jauh sebelum hari H. Apalagi untuk daerah luar kota. Keuntungannya kita bisa mendapatkan tiket dengan harga yang lebih murah. Bagi yang sering bepergian menggunakan kereta api bisa dicek via pegipegi. Salah satu perusahaan yang melayani pemesanan tiket penerbangan, kereta api dan hotel via online.
      Menentukan akomodasi juga selain hemat finansial bisa hemat waktu juga. Karena hemat tidak hanya soal keuangan. Sebenarnya hemat waktu juga bisa hemat uang. Karena waktu adalah uang, iyakah? (ngomong sendiri tanya sendiri)
    Order tiket via aplikasi Pegipegi

      Manfaatnya setelah install pegipegi di ponsel, kita bisa mendapatkan notif setiap ada promo. Selain itu proses pemesanannya juga mudah. Yang saya suka adalah menu history dari pencarian terakhir yang kita buka. Jadi kalau lupa, terus app udah ditutup, saat buka lagi kita tidak perlu input dari awal.
      Destinasi wisata juga banyak menentukan tingkat hemat saat liburan. Yang perlu diperhatikan yaitu kecocokan dengan kunjungan kita. Misalnya kalau kita ingin liburan dengan ibu rasanya tidak cocok pergi ke taman lalu lintas, kecuali kalau bersama anak-anak.
     
  5. JJS (Jangan Jajan Sembarangan)
  6. Nah ini nih. Perbekalan. Saya sering mengusahakan untuk membawa bekal saat pergi liburan. Selain lebih aman, higienis juga lebih hemat.
     
  7. Baca review/pengalaman orang lain
  8. Kata orang yang entah siapa, "Pengalaman adalah guru terbaik." Tapi emang iya sih. Pengalaman orang itu bermanfaat banget. Makanya saya suka baca review orang sebelum pergi ke suatu tempat. Dari pengalaman orang kita juga bisa tahu hal-hal apa saja yang bisa dilakukan atau dihindari. Misalnya jalan jelek dan ternyata ada jalan alternatif yang lebih bagus. Sedangkan Google maps kan ngga bisa pilihin jalan beraspal mulus atau jalan bersapal perlu ditambal. Hehehe.
     
  9. Jadikan jalan-jalan sebagai investasi
  10. Jalan-jalan atau liburan itu bukan hanya soal senang-senang dan pengeluaran. Ia juga bisa menjadi investasi yang bisa bikin liburan balik modal bahkan untung berkali-kali lipat. Keuntungan itu bisa berupa kesehatan, keuangan, dll. Blogger nih biasanya memanfaatkan momen liburan keluarga eh ndilalah ada event lomba blog kemudian dituliskan dan menang. Kan alhamdulillah. 

Rekomendasi Tempat Liburan Murah di Bandung

Selain cara hemat yang sudah ditulis di atas, saya juga punya rekomendasi tempat liburan di Bandung yang biaya tiket masuknya murah bahkan gratis.

Rekomendasi Tempat Liburan Outdoor Ramah Anak di Kota Bandung:
  • Taman Balai Kota

  • Namanya juga Taman Balai Kota, sudah bisa ditebak, taman ini memang terletak di dalam kawasan Balai Kota Bandung. Taman yang di dalamnya terdapat Taman Dewi Sartika dan Taman Badak ini mempunyai daya tarik dari tatanan tanaman, kolam yang bisa dipakai bermain air dan areanya pun luas. Sehingga tidak jarang ditemukan panggung acara tertentu. Dan ketika kami berkunjung pun tampak banyak kelompok remaja yang asyik latihan dance dan anak-anak bermain sepatu roda ataupun mandi di kolam badak.
     
  • Taman Lalu Lintas
  • Untuk masuk ke Taman Lalu Lintas hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 6.000,- di hari biasa dan Rp 7.000,- di hari Minggu atau hari libur. Setelah melalui gerbang masuk kita akan mendapati berbagai rambu lalu lintas.
    Taman Lalu Lintas Bandung

    Selain itu ada berbagai permainan anak bahkan kolam renang juga ada. Dulu pojok favorite kami ada di miniatur gedung-gedung nan mungil. Salah satunya ada gedung kantor pos juga. Lucu.
     
  • Taman Hutan Raya 
  • Taman Hutan Raya atau biasa disingkat Tahura terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Meski kabupaten jarak ke kota tidak terlalu jauh, lho. Makanya pas nulis tempat rekomendasi ini saya masukkan. Eh ternyata daerahnya sudah masuk kabupaten.

    Tiket masuknya seharga Rp 15.000,- dan mendapat merchandise berupa gelang tahura. Sebenarnya ke Tahura sudah beberapa kali, nih. Dekat dengan tempat tinggal, enak buat tafakur, hunting foto, tempatnya luas. Selain bisa menikmati kesejukan dari rimbun pohon dalam hutan, ada juga goa jepang, goa belanda dan beberapa curug yang bisa dikunjungi.
     
  • Taman Sejarah 

  •  Taman Sejarah terletak di Jalan Aceh No.53. Taman Sejarah ini berdampingan dengan Taman Balai Kota. Dan enaknya dekat dengan Bandung Indah Plaza serta Masjid Al Ukhuwah. Jadi ketika hendak ishoma bisa langsung melipir. Di Taman Sejarah ini kita bisa mendapatkan informasi sejarah Kota Bandung dari masa Wiranatakusumah. Gambar-gambar pemimpin Kota Bandung dari masa ke masa tersusun apik di salah satu area. Yang paling menarik adalah kolam renangnya. Ramai.
     
  • Alun-alun Bandung 
  • Kalau mengunjungi suatu kota biasanya yang jadi ikon adalah alun-alunnya. Alun-alun menjadi fasilitas publik yang begitu khas dan letaknya di pusat kota.


    Alun-alun Bandung pun menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya sejak beberapa tahun kemarin halaman alun-alun direnovasi menjadi hamparan rumput sintetis yang begitu menarik pengunjung. Hamparan ini langsung menyatu -tidak terpisah jalan raya- dengan Masjid Agung Kota Bandung yang memiliki kubah berwarna keemasan dan menara pencakar langit. Menara ini dibuka juga untuk umum, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan kota bandung dari ketinggian menara.

Komentar

  1. Daku sebelum liburan biasanya lebih asik cek pegipegi dulu, biar update ada promo menarik apa hihi.. Soalnya promonya suka bikin kejutan

    BalasHapus
  2. Udah lama euy nggak main ke Bandung. Nah alun alun Bandung suka juga aku mampirin kalau ke Bandung

    BalasHapus
  3. Suka istilah JJS mba.. Tapi memang itu yang bikin boros sebenarnya

    BalasHapus
  4. Beneran deh buat blogger jalan2 tuh bs jd investasi bs menghasilkan lagi soalnya ya hehe...

    BalasHapus
  5. Bandung, liburan disana banyak pilihan dan nggak bikin bosen. Rekomendasinya boleh juga niy, jadi kalau ke Bandung lagii bolehlah mengunjungi tempat2 tersebut.

    BalasHapus
  6. Alun alun Bandung dket pisan dari rumah yah, tapi belum pernah kesana, plak. hahhaa warga macam apa saya yah, kesana lewat doang ga pernah mampir, next ingin mampir ah

    BalasHapus

Posting Komentar