Cari Kain Di Pasar Cigondewah Bandung



Mendadak acara akhir pekan kami berubah haluan, yang tadinya mau pergi ke taman kota jadi ke pasar, belanja bahan/ kain.

Akhir tahun biasanya menjadi momen bagi kami untuk nabung baju keluarga. Soalnya produsen baju yang kami suka sering mengadakan diskon spesial di akhir tahun. Tidak hanya satu, dua tempat bahkan beberapa brand lain juga melakukan hal yang sama.

Nah ceritanya minggu kemarin setelah melalui perundingan singkat yang benar-benar singkat. Dari awalnya keputusan mau jalan-jalan berubah jadi belanja. Belanja pun masih ngambang. Kami memutuskan belanja bahan menimang ingin membelikan sesuatu untuk mertua dengan baudget terbatas, kalau baju hanya dapat beberapa potong, kalau bahan bisa sekalian dengan keluarga kakak juga. Berbekal info dari seorang teman yang penjual kain eceran online kemudian ada teman yang punya usaha konveksi, saya teringat bahwa mereka merekomendasikan Pasar Cigondewah untuk cari bahan.

"41 menit, Bi," ucap saya kepada suami sambil melihat jarak tempuh di google maps antara kontrakan dengan Pasar Cigondewah. Meski weekend si garis yang menghubungkan atau menjadi tanda jalur berwarna biru. Alhamdulillah. Tandanya tidak macet, semoga saja.

"Ya, ngga papa," jawab beliau.

Komplek Pasar Kain Cigondewah 

Sampai di Komplek Pasar Cigondewah yang terletak di Jalan Cigondewah Kidul, saya benar-benar blank. Belum pernah sekali pun punya pengalaman beli bahan. Beli baju juga seringnya online atau di toko yang sudah pasti harganya dan tidak perlu tawar-menawar.

Tips Bagi yang Belum Punya Pengalaman Beli Bahan/Kain

1. Tentukan mau cari bahan apa?
Misal; nama bahannya (kalau ngga tahu juga ngga papa), corak atau polos, tingkat ketebalan. Bagi saya ini perlu ditentukan, biar ngga bingung apalagi suka lirik ke kanan eh ternyata nyangkut juga yang kiri eh yang belakang warnanya manis. Wis pokoknya kalau gitu pusing.

2. Survei harga
Jangan sungkan untuk undur diri setelah tanya-tanya. Pertama datang saya keliling dahulu, tanya harga dari satu toko ke toko yang lain untuk bahan wolfis. Ya, tahunya paling wolfis yang sering disebut-sebut sama produsen gamis di instagram. Selisih beberapa ribu rupiah lumayan, lho. Apalagi kita belinya bermeter-meter.

3. Tentukan banyaknya bahan yang akan dibeli.
Sebagai panduan sebelum berangkat saya mencari info di internet mengenai jumlah kain untuk membuat gamis wanita dan kemeja pria lengan panjang. Untuk lebar kaim sendiri ada yang 1,15 meter dan ada yang 1,5 meter. Saya generalkan saja. Jadi untuk gamis perkiraan habis 2 - 2,5 meter. Dan untuk kemeja pria lengan panjang membutuhkan kain dengan panjang sekitar 1,5 meter.

Hitung-hitungan ini pun dibantu oleh penjual di Pasar Cigondewah. Sebenarnya tipsnya hanya satu, jangan malu bertanya. Jadi pas sudah fix beli bahan di Toko A, penjualnya malah yang bantuin menghitung banyaknya kebutuhan kain bahkan yang membuat njelimet adalah  variasi bajunya.

Dalam bayangan kami, desain bajunya dari kain polos supaya bisa cocok untuk yang anak, dewasa maupun orangtua. Nah kalau corak, belum nemu yang pas. Dipilihlah bahannya wolfis polos, untuk beberapa orang kan seleranya berbeda-beda, jadi saya sendiri bingung mau dikasih variasi seperti apa. Akhirnya variasi dengan dua warna yang masuk.

Banyak Warna dan Stok Kain

Penjual pun memberi masukan A,B,C hingga menghitung berapa kira-kira habisnya bahan setelah sebelumnya ikut memberi masukan modelnya seperti apa. Karena kami benar-benar blank. Kecuali gamis kemeja pria, ya. Ya modelnya kan itu-itu aja. Variasi paling warna di kancing, ujung lengan dan saku.

Alhamdulillah setelah muter-muter cari bahan dapat juga. Di detik-detik menjelang tutupnya pasar. Pasar Cigondewah ini tutup pukul 17.00 WIB bahkan sebelum itu beberapa toko sudah ada yang bersiap-siap tutup.

Oh iya, di Pasar Cigondewah ini tersedia banyak sekali jenis bahan. Pokoknya benar-benar komplek pasar bahan. Saya jadi kenalan dengan yang namanya wolfis standar, wolfis premium, supernova, monalisa, mosalino, wolly crepe. Harganya pun bervariasi. Dari satu toko ke toko lain berbeda namun rangenya ya standar tidak terlalu jauh. Misalnya wolfis premium range harga Rp 24.000,- sd 26.000,-. Namanya juga di pasar, jadi disarankan untuk menawar. Selamat berbelanja (:

Jangan lupa dzikir saat masuk ke Pasar.


Dari ‘Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa yang masuk pasar kemudian membaca (zikir): “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu, yuhyii wa yumiit, wa huwa hayyun laa yamuut, bi yadihil khoir, wa huwa ‘ala kulli sya-in qodiir” [Tiada sembahan yang benar kecuali Allah semata dan tiada sekutu bagi-Nya, milik-Nyalah segala kerajaan/kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian, Dialah yang menghidupkan dan mematikan, Dialah yang maha hidup dan tidak pernah mati, ditangan-Nyalah segala kebaikan, dan Dia maha mampu atas segala sesuatu]”, maka allah akan menuliskan baginya satu juta kebaikan, menghapuskan darinya satu juta kesalahan, dan meninggikannya satu juta derajat – dalam riwayat lain: dan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga – ”
(HR. Tirmidzi)

Komentar

  1. Kami juga beli bahan untuk seragam santri mengaji di rumah dari Cigondewah lho. Lumayan banyak pilihan dan harga bisa mawar.
    Tapi karena jauh, jadi kami harus siap kendaraan

    BalasHapus
  2. Wah, Tally sering belanja kain di Cigondewah, ya. Itu kampung halaman suamiku tuh. Dan salah satu tukang kain yang ada di sana, itu mertuaku. Hehehe... aku jarang belanja di sana. Soalnya di tempatku udah jarang tukang jahit. :(

    BalasHapus
  3. Iyaa nih saya sering lewat sini juga banyak banget pilihan kainya jd bikin asyik belanja hahaha..

    BalasHapus
  4. Hahaha benar ya mau transaksi tawar menawar aja dibutuhkan doa. Belum pernah ke sini aku

    BalasHapus
  5. Aku juga sering belanja bahan mbak khususnya buat jahit Gamis. Lebih puas karena model dan motifnya sesuai yang kita pengen dan nggak ribet rombak2 lagi

    BalasHapus
  6. Benar bangat Mba, sebaiknya membandingkan harga antara toko dulu, lumayan klo kita belinya banyak, dan klo di pasar itu harus berani nawar supaya bisa dapat barang dengan harga yang sesuai hati.

    BalasHapus
  7. Kalo beli kain meteran dalam jumlah banyak di pasar seperti ini harganya bisa lebih murah ya Mba.. Enaknya kalo mau bikin baju seragam acara nikahan keluarga nih..

    BalasHapus
  8. Pasar Cigondewah apa jarajnya jauh sama pasar baru? Pernah ke Bandung tp blom kesini.

    BalasHapus
  9. Pasar Cigondewah apa jarajnya jauh sama pasar baru? Pernah ke Bandung tp blom kesini.

    BalasHapus
  10. Aku pernah dengar pasar ini dari teman, memang pasar yang menjadi andalan teman saya ketika mencari bahan kain disana.. selain bagus juga harganya terjangkau

    BalasHapus
  11. Tips beli bahan kainnya bermanfaat banget. Noted, mba. Terima kasih :)

    BalasHapus
  12. Tetep ya menawar itu suatu kepuasan, pasti seru pilih2 bahan tapi kadang suka melenceng dari yang di cari hihihi terimakasih tips belanja ny

    BalasHapus
  13. Pasar Cigondewah ini mirip pasar Cipadu kalau di daerah Tangerang. Aku suka belanja ke pasar kayak gini, tapi ya itu kudu pinter2 nawar. Plus setuju sama tips mbak Taly, jangan lupa berdzikir.

    BalasHapus

Posting Komentar