Merencanakan Family Trip ke Bali


Liburan tiba. Liburan tiba. Liburan tiba. Sebentar lagi musim liburan. Serunya musim liburan itu bisa liburan bareng sekeluarga sehingga bisa mengadakan Family Trip. Di saat anak-anak liburan semester, orang tua yang kerja kantoran langsung deh memanfaatkan jatah cuti. Nah akhir tahun biasanya menjadi momen liburan yang paling diminati. Selain ada libur natal, disusul tahun baru, ada juga libur akhir semester. Wah....

Ngomong-ngomong soal Family Trip ini merupakan tantangan bagi ibu baru seperti saya. Dahulu ketika liburan yang diurus ya diri sendiri. Mau nginap di mana pun ngga masalah. Nah kalau family trip apalagi bawa balita, ngga sefleksibel dulu namun tentunya lebih berwarna mejikuhibiniu dan nano-nano rasanya. Trip pun harus direncanakan matang-matang

Bahkan anak pun perlu disounding dulu. "Anak shaliha, insyaAllah besok kita liburan yah. Jalan-jalan menyapa semesta. Nanti bla bla bla bla." Ada yang gitu ngga sih? 😁

Btw, sebenarnya rencana trip kita ke mana sih? Yes, Bali. Pulau yang berada di sebelah timur Pulau Jawa tempat kami tinggal. Pulau Bali yang terkenal dengan keeksotisan pantainya. Pulau Bali yang sering menjadi tujuan wisatawan baik  Indonesia maupun mancanegara. Pulau Bali yang menyimpan beragam sejarah. Pulau Bali yang konon pernah dikunjungi Song-song couple.

Tinggal di Kota Kembang yang notabene tempat wisata lebih banyak hutan atau pegunungan membuat saya rindu pantai. Terakhir ke pantai itu tahun 2017 lalu. Nah pas sekali suami menawarkan liburan ke luar kota langsung deh mengusulkan salah satunya Bali sebagai destinasi.

Terus jadi keinget deh sama temen yang tinggal di Bali. Namanya, Mba Iim. Alhamdulillah begitu inget langsung ngeDM via instagtam untuk menanyakan tempat-tempat yang rekomen dikunjungi bareng anak.

Gayung bersambut. Saya yang tadinya hanya terpikirkan untuk mengunjungi Ubud, Sanur dan Kuta jadi makin semangat ketika dibukakan lebih luas lagi mengenai pesona Bali.

Memilih Tempat Wisata Keluarga di Bali

Selesai chit-chat bareng Mba Iim... Psst, sebenarnya saya bilang ke Mba Iim minta rekomendasi tempat yang setidaknya tidak banyak pemandangan aurat terbuka #ups hehe. Kalau di Pantai memang agak sukar ya. Lebih ke tempat wisata anaknya. Saya pun membuat rangkuman destinasi family trip ke Bali:

1. Pantai
Source: ig @m_delangenhagen

Menimang terbatasnya waktu dan tenaga (iyaaa balik lagi, kan bawa bayi harus extra tenaga) ada tiga pantai yang ingin dikunjungi. Awalnya kan hanya tahu Sanur dan Kuta. Nah terus info dari Mba Iim ada yang lebih indah dari mereka. Memang sih tempatnya lebih penuh perjuangan. Hingga ia disebut Pantai Rahasia. Yap, nama aslinya Pantai Pandawa. Disebut-sebut Pantai Pandawa ini sangat cocok bagi para penggemar fotografi. Panorama yang tertangkap sangat menawan.

2. Ubud
Source: ig @jess_dantas

Di Ubud kita bisa menikmati sajian budaya yang begitu khas dan seni yang beraneka ragamnya. Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Ubud, seperti: Monkey Forest, Bukit Campuhan, Tegal Alang dengan pemandangan teraseringnya dan berbagai perkebunan kopi luwak di sepanjang jalan. Dan bagi yang mau belanja oleh-oleh kerajinan bisa juga di Pasar Ubud. Saya juga tertarik siapa tahu ada oleh-oleh buat diri sendiri #eh buat properti jeprat-jepret.

3. Green School
Source: ig @greenschoolbali

Membaca nama tempat yang direkomendasikan Mba Iim membuat saya bingung. Loh kok sekolahan? Apa menariknya? Ternyata sekolah yang terletak di  Banjar Saren, Desa Sibang Kaja, Abiansemal, Badung, Bali ini merupakan sekolah bertaraf internasional yang begitu unik dan dekat dengan alam. Tidak sekadar lingkungannya yang bertema alam namun nilai-nilai yang diajarkan pun berkaitan dengan alam. Sekolah ini membuka jadwal "jalan-jalan" bagi  yang ingin mengetahui lebih dalam tentang Green School. Saya pun penasaran dengan bangunannya yang tersusun dari bambu, beratapkan alang-alang dan berbagai sudut menarik lainnya yang memanfaatkan sumber daya alam.

4. Monumen Bajra Sandhi
Source: wikipedia

Kalau di Bandung kita kenal Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, di Bali ada Monumen Bajra Sandhi yang dibangun sebagai monumen perjuangan rakyat Bali. Monumen ini ada di pusat kota dan info dari Mba Iim cocok untuk yang membawa anak karena dekat dengan play ground dan ada taman juga.

5. Bali Safari and Marine Park

Di Bali Safari and Marine Park ini kita bisa melakukan Safari Journey dengan menggunakan kendaraan khusus yang sudah disediakan. Selain melihat hewan-hewan secara langsung kita juga bisa bersenang-senang di fun zone dan water parknya. Bagi yang senang dengan pertunjukan teater, teman-teman bisa juga menyaksikannya bersama keluarga di Bali Agung Theater yang masih dalam kawasan Bali Safari and Marine Park. Pas lihat cuplikan video teaternya di youtube, wah.. Keren. Pemerannya banyak banget. Dan tentunya tidak sekadar tontonan tapi juga edukatif.

6. Puja Mandala
Source: ig @rakaontrip

Puja Mandala merupakan suatu kompleks yang terdapat tempat peribadatan 5 agama. "Jadi mencerminkan keharmonisan, gitu. Kalau tempat wisatanya mah ngga ada. Tapi masjidnya (Masjid Ibnu Batuta) bisa dikunjungi misal kita dari Pandawa atau Nusa Dua," tulis Mba Iim. Sepertinya menarik.

Perjalanan tidak hanya tangkapan panorama alam atau arsitektur bangunan nan rupawan, bukan? Tapi juga tentang pelajaran-pelajaran yang begitu berharga.

Hunting Tiket Liburan Ke Bali

Setelah menentukan tujuan. Jangan lupa langsung berburu tiket! Iya, ini perlu banget jauh-jauh hari. Ngga lucu kan perbekalan sudah disiapkan tapi lupa beli tiket atau sengaja dinanti-nanti dan ujung-ujungnya tiket sold out (*emothatipotek)

Rencana Family Trip kami ke Bali menggunakan pesawat dari Bandung, begitu juga sebaliknya untuk perjalanan pulang. Bermodalkan koneksi internet dan smartphone, saya kemudian searching tiket pesawat sambil cari harga yang paling bersahabat dengan dompet. Eh ternyata ketemunya di www.traveloka.com. Lumayan kan selisih beberapa rupiah itu berharga banget buat ibu-ibu seperti saya.

Biar lebih enakeun saya install aplikasinya di HP. Tinggal download dari play store.

Awalnya mau pesan penerbangan aja, PP. Eh tertarik juga pilih yang sepaket dengan hotel. Lumayan kan ternyata lebih hemat dan ngga repot. Sekali pesan, bisa sepaket buat liburan. Pilihan maskapai maupun hotelnya juga banyak.

Banyak pilihan hotel di Traveloka

Setelah memilih maskapai, jadwal penerbangan dan hotel. Oh ya, tips dari saya, manfaatkan menu filter dan sortnya. Jadi kita bisa mengurutkan pilihan yang tersedia. Misal pas pilih maskapai saya sengaja sort by harga termurah. Setelah muncul listnya, saya pilih jam keberangkatan yang cocok. Dan pas pilih hotel sort by rating tertinggi. Pilih rating bagus bukan berarti pilih yang mahal ya. Nah pas muncul list hotelnya, kita juga bisa melihat review dan juga detail info hotel.

Next, tinggal isi data lalu pilih motede pembayarannya. Wah mudah banget. Saya pilih transfer dari ATM. Selain transfer, pembayaran di nominal tertentu juga bisa dilakukan di mini market.

Pilihan metode pembayaran Traveloka


Kemudahan transaksi di Traveloka


Wah... enaknya pesan hotel di Traveloka tidak ribet, pembayarannya mudah, cepat dan pilihan hotelnya lengkap di seluruh Indonesia bahkan di dunia. Dear teman-teman, jadi mau liburan ke mana? Yuk, langsung amankan tiket liburannya di Traveloka biar bisa segera cus ngga pakai ribet dan lebih hemat kan :)



Komentar

  1. Rencana liburan akhir tahun kami yang dekat saja, soalnya musim hujan juga high session, saat semua orang pada mau liburan tempat yg dituju suka penuh, jadi gak nyaman. Kalau liburan agak jauh biasanya kami pilih bulan biasa saja. Dulu ke Bali awal Februari. Rencana tahun depan awal musim hujan maunya ke Gunung Kerinci. Semoga semuanya dilancarkan ya... Amin...

    BalasHapus
  2. Wah asyik yg mau liburan ke Bali, akhir tahun pasti rame banget ruh .soalnya high season pisan hehe kalau bawa ank kecil memang pilihannya hrs yg ramah anak.... ;)

    BalasHapus
  3. Akh traveloka mah solusi deh hahaha udah 2x ke Bali.Waktu yang pertama sama keluarga besar yang ke dua liputan hahaha ada beberapa yang udah di atas tapi love Ubud

    BalasHapus
  4. Tiap pulkam saya ke lampung yg banyak pantainya, jadi lebih tertarik ke ubud kalau ada rejeki ke Bali ^^ bikin planning harus dari jauh-jauh hari yaa

    BalasHapus
  5. Saya sudah 2 kali ke Bali...asli Bali bikin ketagihan loh mbak, saya pengen kesana lagi pastinya juga hunting tiket pesawat dan hotel yg murah

    BalasHapus
  6. Deskripsi wisata di Bali yg diurai diatas, paling penasaran sama ubud. Blom pernah ke sana dan kata orang pemandangan persawahan dusana wow banget.

    BalasHapus
  7. Wow.. Asyiknya bisa liburan bersama keluarga tercinta.. Apalagi sebentar lagi musim liburan akan segera tiba.. Liburan ke Bali memang destinasi favorit semua orang ya?

    BalasHapus

Posting Komentar