Cara Merelaksasikan Diri dengan Colour To Life Faber Castell

Colour To Life Faber Castell


Pernah ke kampus tanpa mandi pagi? Saya pernah mengalaminya. Menjadi ibu rumah tangga yang berkutat di ranah domestik sekaligus mahasiswa semester tengah yang masih harus terus berjuang tak elak hari-hari saya  adakalanya serasa tertekan (masih belajar untuk berpositive ria). Tanpa ART, di tempat rantau jauh dari keluarga. Tugas dari dosen yang harus direvisi, begitu revisi selesai ternyata ada aja revisi lainnya (salah satu faktornya bisa jadi dari mahasiswa ini sendiri.. kamana wae kuliah teh materi-materi kayak abu ketiup angin -_-). Tugas rumah tangga seperti membereskan ruangan yang diacak-acak si kecil, baru selesai beresin ruang tengah eh kamar yang gantian diacak-acak, begitu seterusnya. Belum lagi perasaan yang gampang baper, sedikit-sedikit terhanyut duh sungguh melankolis sekale.

Jenuh. Tertekan. Lelah. Sampai pernah bergumam, “Capek Ya Allah, tapi kok rasanya belum ada apa-apanya, ya! La haula wala quwwata illa billah…” Sampai akhirnya badan serasa drop dan sudah lebih dari sebulan ini pendarahan, berkunjunglah ke klinik dan disampaikan penyebabnya bisa jadi karena efek hormon dari KB ditambah kelelahan. Kelelahan fisik juga mental. Menimang saya yang baperan kayaknya si lebih berat ke mental.  Wah tanda-tanda ini memang mengidap kecemasan.

Baca dari jurnal yang ditulis Novita Harini berjudul Terapi Warna Untuk Mengurangi Kecemasan,

“Kecemasan adalah suatu keadaan yang tidak menyenangkan atau tidak nyaman pada individu yang diliputi oleh perasaan takut, khawatir, dan gelisah. Misalnya kecemasan menjelang ujian, kecemasan pada saat berkomunikasi dan menyampaikan pendapat dengan orang lain, kecemasan pada saat mendapatkan informasi yang tidak menyenangkan, dan lain-lain.”

“Ya mau gimana lagi. Lagi UAS, banyak deadline tugas pula,” batin saya (masih aja membela diri hehe).

Di tengah situasi sepeti itu rasanya saya perlu melakukan self healing untuk mengatur kesemrawutan diri ini. Masih kata jurnal Ibu Novita,”Terapi warna adalah suatu bentuk metode terapi dengan menggunakan warna-warna tertentu. Terapi warna sangat mudah dan praktis untuk digunakan, karena dapat dilakukan secara individual tanpa bantuan orang lain."

Kemudian saya teringat produk keren dari Faber Castell. Yes, Colour To Life!

Mewarnai damai dan menyeruputnya di kala hujan rasa begitu nikmat bukan?

Kenalan dengan Colour To Life (CTL)

Produk Colour To Life ini terdiri dari 20 pen connector pen dan 15 page Augmneted Reality Colouring Book yang terdiri dari 5 karakter (masing-masing karakternya ada 3 page). Nah Colour To Life ini merupakan inovasi terbaru dari Faber Castell yang memadukan menggambar secara konvensional dengan penggunakan teknologi Augmented Reality. Jadi, nantinya setelah gambar diwarnai, gambarnya bisa lebih hidup lho! Oh iya, untuk menghidupkannya kita nanti install aplikasi Colour To Life. Di aplikasi tersebut banyak pilihan gamenya, ada 5 sesuai dengan karakter di buku Colour To Life.

Connector Pens Faber Castell

Connector Pen Faber Castell


Connector Pens Faber Castell yang ada di CTL ini berjumlah 20 pen dengan warna yang berbeda. Yang membuat saya semangat menorehkan warna-warna ini tanpa kebingungan cari warna lain. Jadi kalau mewarnai langit dengan warna biru terus mau mewarnai gunung dengan warna biru ditambah mewarnai laut dengan warna biru bisa dibeda-bedakan gradasi birunya. Output warnanya juga ngga “mblobor” (apa ya Bahasa Indonesianya?). Pas dipakai itu volume warna yang keluar cukup ngga terlalu tebal dan ngga terlalu tipis. Oh ya, ujung pen-nya juga tidak terlalu tumpul jadi kalau mau nulis dengan font yang slim, enakeun.. Terus kuat pula. Ujung pennya ini kalau kita terlalu kuat menekan ngga mudah “bujel” (Bahasa mana lagi ini, lol). Cocok untuk anak-anak yang masih suka lupa kontrol tekanan alat tulisnya. Dan khasnya Connector Pen Faber Castell ini tutupnya bisa disambung-sambungkan, enak nih pas bawa tanpa wadah ngga perlu repot-repot menggenggam dan khawatir ketinggalan sebiji. Siapa hayo yang suka kehilangan pulpen atau pensil warnanya? *nunjuk diri sendiri*

Augmented Reality Colouring Book

Colouring Book Faber Castell

Menurut Nona Wikipedia, AR (augmented reality) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Inilah produk keren, inovasi dari Faber Castell. Jadi kita kan mewarnai gambar 2 dimensi yang tersedia di AR Colouring Book nanti gambarnya bisa tampil tiga dimensi di layar hp kita. Bisa diputer-puter kaya pakai VR gitu deh.

Buku ini berisi 5 karakter yang masing-masing karakternya digambar dengan 3 style berbeda:
-          Karakter Kavaleri
-          Karakter Anak Laki-laki
-          Karakter Princess
-          Karakter Kucing
-          Karakter Pilot

Kertasnya cukup tebal.  Meski ARnya fokus pada karakter namun buku ini menuntun kita untuk tidak mubadzir dengan penggambaran background yang mendukung aktivitas mewarnai. Mewarnai background juga seru lho. Karakter-karakter yang disuguhkan buat saya menarik, bisa untuk anak laki-laki bisa juga untuk anak perempuan. Dan serunya lagi, saya baru tahu teknik mewarnai selain dengan arsiran. Di sampul CTL dan selebaran di dalamnya ada contoh pewarnaan gambar dengan cara titik-titik, donat kecil, rumah siput, bintang, dll. Lucu…

Aplikasi Colour To Life           

Colour To Life

Wahhh, saya tidak tahu backend programnya seperti apa. Alhamdulillah jadi usernya yang tinggal menikmati kecanggihan teknologi ini.

Aplikasi Colour To Life ini didesain untuk mendukung penggunaan Faber Castell Colouring To Life. Jadi kalau teman-teman belum punya, buruan beli dulu nanti saya bisikan di akhir tulisan ini belinya di mana. Di halaman paling awal aplikasi CTL kita disambut oleh 4 karakter without princess (princessnya ngumpet dulu kali ya) dan diiringi musik yang bikin ceria.

Sesuai karakternya, di aplikasi ini terdapat 5 permainan dengan berbagai fungsi
-          Karakter Kavaleri : Gamesnya Giddy Up!
-          Karakter Anak Laki-laki: Gamesnya Pogo Boy
-          Karakter Princess: Gamesnya Dress-Up Challenge
-          Karakter Kucing: Gamesnya Balance Your Brain
-          Karakter Pilot: Gamesnya Safe Flight!

Cara mendownload dan Menggunakan Aplikasi CTL

1.       Scan barcode yang yang di sampul produk CTL atau bisa dengan membuka Playstore di hp kita terus search dengan keyword “Colour To Life”
2.       Install
3.       Jalankan aplikasi Colour To Life
4.       Di halaman utama teman-teman bisa setting soundnya on atau off, kemudian untuk masuk ke menu utama klik START maka akan tampil 5 pilihan games.
5.       Untuk memainkan gamesnya, pilih salah satu games yang diinginkan dan jangan lupa siapkan gambar dari AR Colouring Book yang sudah diwarnai.
6.       Scan gambar.
Tips scan gambar:
-          Jangan terlalu dekat dan jangan terlalu jauh (jarak device dengan gambar kurang lebih 30 cm).
-          Usahakan posisi device lurus dengan gambar
-          Tunggu scan indicator di layar berwarna hijau. Jika belum muncul coba goyang-goyang atau alihkan device ke arah lain sampai muncul scan indicatornya.
7.       Setelah berhasil scan, karakternya akan tampil dalam animasi 3D. Setelah itu baru deh bisa pilih menu selanjutnya, yaitu menu Selfie dan Games!
8.       Menu selfie, teman-teman bisa selfie dengan animasi 3D dari karakter yang sudah kita warnai. Nah fitur selfienya pun dilengkapi dengan timer selama 3 detik. Jika hasilnya dirasa ada yang kurang, kita bisa juga pilih menu “Retake”.
9.       Play Games. Mainkan games dengan karakter buatan kita sendiri. Seru ya! Jangan-jarang kan kita bisa custom aktor di game dengan keinginan kita. Kreativitas kita terasah di CTL ini…

List of Games Colour To Life

Colour To Life

1.      Giddy Up!
Gallop as far as you can, but watch for barriers.
-          Reinforce hand-eye coordination
-          Exercise fine motoric skills
-          Improve attention and concentration
-          Train reflexes

2.       Pogo Boy

It’s hopping time! Do not fall into water.
-          Reinforce hand-eye coordination
-          Exercise fine motoric skills
-          Improve attention and concentration
-          Train reflexes

3.       Dress-Up Challenge

How good is your memory?
-          Sharpen memory
-          Improve attention and concentration

4.       Balance Your Brain
It’s time to balance that brain
-          Stimulate left and right brain coordination
-          Improve attention and concentration
-          Increase brain speed

5.       Safe Flight
-          Reinforce hand-eye coordination
-          Exercise fine motoric skills
-          Improve attention and concentration
-          Train reflexes


Kegiatan Mewarnai Bersama Colour To Life


Banyak ya manfaatnya. Sekilas CTL ini produk yang didesain untuk anak-anak. Namun siapa sangka, saya mengajak berbagai macam orang lintas generasi, lintas profesi. Ada anak SD, SMA, Mahasiswa, Karyawan, Ibu Rumah Tangga yang semuanya pada antusias berkutat dengan CTL.



Terapi Warna


Yay. Mewarnai CTL membuat ketagihan. 15 pages serasa sedikit. Dan di sinilah saya belajar merelaksasikan diri dengan menarik nafas panjang secara perlahan-lahan, kemudian hembuskan secara perlahan-lahan pula. Sambil membayangkan masalah hilang bersamaan dengan hembusan nafas (pssst ini baru belajar dari Teh Wiwik @wikowiku). Kalau muslim sembari berdzikir lebih diutamakan.

Kemudian menorehkan warna-warna di atas Colouring Book. Mewarnai juga membuat kita fokus dan tenang. Pilih warna-warna yang tenang seperti biru, orange, dll yang adem-adem pas lagi panas oleh masalah. Tapi saya juga suka bereksperimen dengan warna mencolok. Di Faber Castell kan dikenalkan mewarnai tidak hanya dengan arsir tapi motif lainnya. Dan percobaan motif shibori alaala pun tertoreh di celana Mang Ucing :D

Selfie Bersama Karakter Colour To Life

Colour To Life Faber Castell


Alhamdulillah saya sendiri merasakan hasil self healing dengan mewarnai bersama Colour To Life Faber Castell. Huah, lumayan membantu sesak untuk keluar. Selain itu Colour To Life mambantu meningkatkan mood dan kreativitas.

“Creative thingking is one of the greaterst gift to be encourage as this inspires innovation and innovation inspires the world we live in.” -Faber Castell-

Alhamdulillah ya CTL datang di waktu yang tepat. Mewarnai di tengah-tengah badai UAS dan tugas seperti yang disampaikan di awal.

Nah buat teman-teman yang mau tahu tempat yang menjual Colour To Life ini bisa berkunjung ke Tokopedia , Gramedia atau toko buku terdekat.


Komentar

  1. Mewarnai sambil ngemil emang bikin rileks dan kenyang. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata terakhirnya itu, betul sekali, Teh Uwien.. :D

      Hapus
  2. Iya ya teh, 15 halaman rasanya terlalu sedikit buat colour to life ini, habisnya bikin pengin mewarnai lagi, selfie lagi dan main gamesnya lagi. Kalau ada pilihan halaman kosong yang bisa di scan juga di aplikasinya, terus gambar sendiri pasti lebih seru lagi hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masukan bagus buat developersnya ya teh 👍

      Hapus
  3. Wah bagus banget teknik mewarnainya.

    BalasHapus
  4. saya biasanya kurang suka mewarnai loh, tapi kok sekarang malah semangat mewarnai yah haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena pakai Faber Castell dan produknya yang keren ini ya Teh

      Hapus
  5. Bener banget, main ini tuh bikin rileeeeks banget. Sampe lupa cucian dan setrikaan. Rebutan pula mainnya. Seru banget sih. Wkkwkk

    BalasHapus
  6. Wah lg kuliah, semangat... Kalau saya pernahnya jemput ke sekolah ga sempet mandi hihi

    BalasHapus
  7. Jadi ketagihan mewarnainya ya, seruu! Bisa main bareng karakternya pula.

    BalasHapus
  8. Saya ngerasa happy banget main colour to life. Bukan cuma karena mewarnainya tapi karena ada gamesnya, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi excited gitu ya Teh habis mewarnai terus di gamenya jadi warnawarni

      Hapus
  9. mewarnai jadi makin seru ya kalau pake aplikasi ini, apalagi rame-rame begitu.

    BalasHapus
  10. Seru banget ya teh, aku dan keluarga jg kesengsem sama produk Faber Castell ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh.. Anak tetangga juga ikutan kesengsem hihihi

      Hapus
  11. Seru banget teh, selain bisa mewarnai bisa main gamenya juga.. bikin nagih yaa

    BalasHapus
  12. Mewarnai CTL selain seru emang jadi ngelepas stres juga ya Teh. Sejenak melupakan beban2, bertualang di dunia warna...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini poinnya, Teh. Alhamdulillah..

      Hapus
  13. Bermain sambil belajar mewarnai memang asyik apalagi dengan aplikasi CTL hasilnya bisa untuk foto selfie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaya Teh. Apalagi selfie lagi marak akhir-akhir ini..

      Hapus
  14. Colour to life inovasi keren ya teh jadi bikin semangat mewarnai :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh.. Connector pens nya bagus, appnya juga

      Hapus
  15. Langsung flash back, dulu kuliah pernah blm mandi ga ya? Wkwkw..

    BalasHapus
  16. Semangat berjuang, Teteh! Kamu pasti bisa mengerjakan semuanya. Semoga permainan ini bisa jadi penyegar di antara kepenatan :)

    BalasHapus

Posting Komentar