Asus X555QG Laptop Idaman Mahasiswa dan Semua Kalangan

Blog Competition ASUS AMD


Selain menjabat sebagai ibu rumah tangga, saya masih berstatus sebagai mahasiswa di sebuah universitas. Dulu sewaktu SMK saya belum mengenal whatsapp bahkan facebookan dari opera mini yang dengan paket data di bawah 10MB saja cukup untuk beberapa minggu. Nah sekarang bukan MB lagi harus setingkat GB. Selain itu punya laptop dengan RAM 1GB saja sudah senang riang. Tapi kalau sekarang punya laptop dengan RAM 1GB bisa cepet masuk tempat service gara-gara saking gemesnya terus dibanting-banting #eh (mohon jangan ditiru)

Mengapa?

Kebutuhan informasi semakin berkembang. Dari yang sebelumnya hanya teks, audio lalu gambar kemudian video. Ingat sekali, dulu untuk berkirim foto dengan teman, saya kirim via MMS dengan tarif Rp 2.000,-/MMS itu pun resolusinya sangat kecil. Sekarang, empat komponen multimedia tadi (teks, gambar, audio dan video) bukan barang langka. Bahkan setiap kali meluncur ke sebuah website, komponen lengkap multimedia ini menyambut dengan ramahnya.

Selaras dengan itu, di sisi software pun sebagai penunjang tentunya memerlukan kapasitas memori yang cukup lumayan. Apalagi jika harus multitasking. RAM 1 GB buat buka Photoshop itu bisa bikin si laptop berdengung nguiiiiiiiing!!!! Terus habis itu, lep! Mati. Hueheehe. Ini yang bikin gemesnya. Padahal zaman now buat ngerjain tugas ngga cuma ketak-ketuk keyboard bikin laporan di Ms Word, ya edit foto, edit video, buka browser, buka banyak deh.


Makanya sebagai mahasiswa, saya punya laptop idaman dengan spesifikasi mumpuni. Tapi sebelumnya biar ngga salah pilih, disesuaikan dulu dengan kebutuhan.

Kebutuhan Laptop Bagi Mahasiswa


Kenapa mahasiswa/pelajar perlu laptop?

1. Kebutuhan Media Pembelajaran Masa Kini yang Papperless
Kegiatan belajar di kelas saat ini sudah mulai bergeser dari yang dulu catat-mencatat di papan tulis lalu disalin di buku kini lebih sering menggunakakn proyektor kemudian filenya dishare dan siswa sekadar mencatat poin-poinnya saja. Sehingga kebutuhan akan buku berkurang dan siswa lebih membutuhkan laptop. Apalagi dengan layar lebar yang dapat menunjang kebutuhan multitasking sehingga bisa split beberapa window secara bersamaan. Meski lebar, bagi saya harus slim juga.  Lebar, slim, ringan, ringkas sehingga mudah dibawa ke mana pun mahasiswa/pelajar berjuang menuntut ilmu. Satu laptop bisa berisi berratus-ratus bahkan jutaan ebook. Bayangkan jika kita ke kampus atau sekolah harus membawa buku cetak sepuluh saja yang tebalnya minimal 300 halaman. Huahhhh, langsung langsing.

2. Mengerjakan Tugas
- Browsing. Cari materi, buka e-learning, dsb. Tentunya untuk browsing perlu koneksi internet bisa dengan wifi atau dengan kabel (pakai LAN Port dengan konektor RJ45)
- Multitasking. Mengerjakan tugas buat saya itu tidak cukup buka satu aplikasi. Misalnya saat membangun sebuah website. Perlu buka photoshopnya buat bikin gambar. Perlu aktifkan xampp untuk databasenya. Perlu buka browser buat lihat tampilan jadinya. Perlu buka notepad buat edit htmlnya. Perlu buka MS.Word juga buat bikin laporannya. Buka MS. Visio buat bikin diagram. Dll. Kalau satu buka, satu close secara bergilir kurang greget ngerjainnya. Nah untuk buka aplikasi-aplikasi ini perlu RAM yang berkapasitas memadai. Selain RAM juga tentunya CPU/Processor (otaknya si laptop) harus mumpuni juga. Kecepatan CPU perlu diperhatikan, semakin cepat, berarti semakin bagus.

3. Mengumpulkan Tugas
Meski sudah marak email, namun untuk mengumpulkan tugas biasanya dosen meminta dalam bentuk CD. Bagi saya idealnya laptop mahasiswa yang all in one itu ada tempat optical drivenya. Jadi kalau mau ngeburning ngga repot-repot numpang tetangga sebelah atau warnet sebelah yang harus bayar. Atau (lagi) mendadak beli optical drive eksternal. Selain tugas, laporan Kerja Praktek dan kelak skripsweet juga diminta CDnya.

4. Presentasi Tugas
Setelah mengerjakakn tugas, mengumpulkan tugas, adakalanya tugas itu diminta dosen/guru untuk dipresentasikan dengan menggunakan proyektor. Untuk mempresentasikan tugas, konektor yang terhubung ke laptop, yang biasa saya temui dihubungkan melalui VGA port. Sehingga laptop minimalis yang kebanyakan hanya tersedia HDMI memerlukan port eksternal VGAnya juga.

5. Backup Tugas/Dokumentasi
Buat pelajar dan mahasiswa zaman now yang media pembelajarannya sering kali disampaikan di video atau tugasnya itu sendiri berupa video, tentu memerlukan keluasan ruang hardisk. Kalau hardisknya mini bisa sih dikompres, tapi hal tersebut akan mengurangi kualitas dari file multimedia itu sendiri. Foto yang di kompres ketika dizoom akan ada beberapa pixel warna yang hilang. Begitu juga video.

Kapasitas hardisk saat ini sangat urgent apalagi dengan semakin berkembangnya sistem multimedia.

6. Hiburan
Sebagai mahasiswa maupun pelajar tentunya perlu hiburan juga dong. Seharian berkutat dengan tugas-tugas-tugas dan tugas. Sampai nyanyi parodi Dragon Ball, “Dosen pun datang dan tugas kembali… Lima paper menjadi satu.”  Hehehe. Biasanya nih ngga cuma mahasiswa/pelajar, termasuk saya suka refresh otak dengan ngeGAME atau nonton FILM. Asal tontonannya bukan yang HMMMMM. Jadi kebutuhan tampilan laptop yang unggul dari segi grafis tidak hanya menunjang untuk mengejakan tugas saja tapi juga utamanya untuk hiburan. Eh! Statementnya bener ngga ya? Apa kebalik?

7. Dll.


Nah, dari kebutuhan tersebut ada sebuah perusahaan yang merupakan Top 2 produsen laptop konsumen dunia dan penghasil mobo alias motherboard terbaik meluncurkan produk terbarunya. Yap, ASUS! ASUS juga meraih TOP Brand Award untuk kategori bisnis laptop di 2017. Selain memproduksi laptop, tahu dong tentunya ASUS juga memproduksi smartphone. Dan di industri smartphone, menurut data IDC Q2 2017, ASUS meraih posisi empat besar sebagai TOP Brand Award.

Kira-kira apa ya produk terbaru asus kategori notebook/laptopnya? Ternyata salah satunya adalah ASUS X555QG.

Asus X555QG mempunyai spesifikasi yang mumpuni untuk menunjang kebutuhan multimedia dan sssst game juga! Apalagi audionya yang menggunakan teknologi unggulan membuat suaranya power full. Sesuai banget kan dengan bucket list kebutuhan di atas.

Mau tahu lebih dalam tentang ASUS X555QG? Yuk cekidot..

Spesifikasi ASUS X555QG

Spesifikasi Laptop ASUS X555QG:

1. CPU
CPU ini salah satu bagian penting. Di mana CPU merupakan otak dari sebuah komputer. Asus X555QG memiliki prosesor AMD APU A12-9720P quad core yang memiliki kecepatan standar 2,7 Ghz dan bisa mencapai kecepatan maksimum 3,6 GHz. Ada yang masih asing dengan AMD?

AMD (Advanced Micro Device) ini jenis yang berbeda dari Intel. Nah kalau intel pada ngga asing ya? Menyebut i3, i5, i7 sudah pada hafal. Laptop Asus juga ada yang pakai prosesor intel, tapi kali ini yang diluncurkan seri AMDnya. AMD terkenal unggul di kalangan gamer atau desain grafis. Nah hal ini yang mau coba ditunjukan oleh Asus X555QG.

2. Operating System
Sistem operasi Windows 10 yang merupakan versi terbaru dari Windows support digunakan dengan ASUS X555QG. Nah kalau teman-teman mau nginstall pakai OS lain juga bisa-bisa saja. Ubuntu misalnya biar free pakai open source, dll.

3. Memory
Demi menunjang kepuasan beromansa dengan multimedia pun sisi grafis lainnya, ASUS X555QG dibekali dengan RAM 8GB DDR4. DDR4 adalah jenis memori yang kecepatan standarnya 2133MHz.  Dan tidak cukup dengan 8GB saja, pengguna juga bisa menambah satu keping RAM lagi karena ASUS X555QG ini memiliki sistem memori dual channel. Jadi memorinya up to 16GB. Saya jadi makin kepincut dan berharap laptop ini bisa menemani saat mengerjakan tugas yang program-programnya bukan program biasa. Programnya berat euy..

4. Storage
Kamu kolektor hardisk eksternal? Atau flashdisk eksternal? Atau malah CD? Buat nyimpen seabrek tugas dan materi atau jangan-jangan, film ya? Hehe. Nah tenang. Asus X555QG ini memiliki kapasitas hardisk sebesar 1TB jadi buat kolektor film langka, dsb tidak perlu bongkar-bongkar memori laptopnya terus pindahin ke media penyimpanan lain untuk download film terbaru. Karena kapasitasnya Asus X55QG ini lumayan besar. Dan kamu juga tetap bisa menyimpan file multimedia dengan kualitas maksimal tanpa harus kompres air panas atau kompres air dingin (emangnya badan manusia -__-)

5. Optical Drive
Meski didesain sedemikian rupa supaya ramping, ASUS X555QG ini dilengkapi DVD-RW 8x. R untuk read dan W untuk Write.

Spesifikasi ASUS X555QG


6. Display, Dimenssion & Weight
Body Asus X555QG dirancang sedemikian rupa. Dengan layar yang cukup maksimal untuk seukuran notebook yaitu 15,6” Full HD (1366x768) atau perbandingannya 16:9. Buat yang suka olah data multimedia tahu banget ukuran ini ya. Ada 4:3, ada 16:9 hehe. Asus X555QG berdimensi 38.2 x 25.6 x 2.58 cm (WxDxH alias Weight x Depth x Height alias Panjang x Lebar x Tinggi/Tebal)
Weight atau berat Asus X555QG only 2.20Kg with battery mayan ringan ya, ngga nambahin beban hidupmu, lho!


7. Graphic
Untuk grafisnya, Asus X555QG dilengkapi dengan AMD Radeon R8 M435 DX dual graphics yang tentunya memiliki kinerja lebih unggul dari versi AMD Radeon sebelumnya. Klop banget ya perpaduan processor AMD quad core dengan AMD Radeon R8 dual graphicsnya? Plus lagi RAM DDR4 yang bisa dual channel. AMD Radeon R8 ini mampu menunjang hobi ngegame yang memerlukan tampilan grafis mumpuni, jadi ngegamenya makin asyik, makin seru deh dan ngga ada break-breaknya alias ngelag-ngelag-an atau apalah itu bahasanya.

8. Camera
Buat yang dosen/gurunya suka mengadakan kelas via skype, perlu banget nih ada camera. Dan di Asus X555QG terpasang VGA web camera.

Spesifikasi ASUS X555QG

9. Audio
Asus X555QG Built-in Speakers And Microphone sehingga hanya ada satu colokan untuk bersama. Ngga perlu misahin antara perangkat mic dan headset/speaker lagi. Tapi kalau hanya perlu speaker aja ya bisa diatur, ada setiingannya. Selain itu didukung pula dengan Teknologi SonicMaster Lite Technology yang menghasilkan suara yang jernih dan powerfull. Jadi saat mengedit video yang suaranya krinyis-krinyis bisa didengar karena output dari Asus X555QG ini powerfull. Pun saat menonton film jadi bisa merasakan sensasi mini bioskop di kamar kontrakan sendiri.


10. Port Lain-lain
Port-port mungil pendukung perangkat input/output tak ketinggalan. Misalnya:
VGA port dan HDMI
Port ini bisa digunakan untuk menghubungkan laptop dengan monitor external.
USB 2.0 dan USB 3.0 port
USB 2.0 kecepatan transfernya maximum up to 480MBps sedangkan USB 3.0 kecepatan transfernya lebih di atas yaitu up to 5GBps pada mode super speed. Untuk membedakan USB 2.0 dan 3.0, pada USB 3.0 soketnya berwarna biru dan terdapat simbol SS (Super Speed) di dekat portnya.
RJ45 LAN Jack for LAN insert
Meski sudah marak teknologi wifi, namun tidak menutup kemungkinan kebutuhan koneksi dengan menggunakan kabel. Bagaimana pun koneksi menggunakan kabel bisa lebih stabil dibandingkan wifi, selain itu situasi dan kondisi tertentu juga menjadi faktor kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri. Yang saya sukai dari desai LAN Port pada Asus adalah flesibilitasnya. Jadi ketika kabel masuk, bagian bawah port akan terbuka karena dorongan konektornya. Ketika kabel dikeluarkan, bagian bawah port akan naik kembali.

11. Konektivitas
Wifi Asus X555QG merupakan wifi yang bekerja sesuai 802.11ac. Selain itu, dilengkapi pula dengan bluetooth BT 4.0 support.


12. Battery
Kemampuan baterai yang ditawarkan 2 Cells 37 Whrs. Buat saya pribadi yang suaminya pakai asus menang lumayan baterainya awet. Jadi misalkan ngga ada tim pendukung colokan everywhere pun tak masalah karena baterai asus yang awet.

13. IceCool
Lagi-lagi notebook besutan Asus ini mempunyai kemampuan yang disebut IceCool. Dimana notebook/laptop mampu terjaga suhunya meski digunakan dalam jangka waktu yang lama.

14. Instant On
Fitur teknologi unggulan Instan On pada Asus X555QG membuat pengguna tidak berlama-lama menunggu ketika komputer baru dihidupkan dari mode sleep.

15. Lubang Kensington Lock
Kensington Lock merupakan gembok yang terpasang ke laptop untuk menghindari pencurian. Asus X555QG  ini dilengkapi dengan lubang Kengsington Lock sehingga pengguna bisa menambahkan kuncinya dan memanfaatkan fitur tersebut ketika harus meninggalkan laptop di meja kerja.


Asus X555QG

16. Keyboard
Nah yang lain dari pasaran ini keyboard laptop Asus X555QG ada spesial numericnya. Jadi mahasiswa sekaligus ibu rumah tangga seperti saya lumayan terbantu. Apalagi kalau ada tugas semacam matematika diskrit atau artificial intelligent yang ngutak-atik angka jadi lebih cepat ngetiknya atau sekadar ngitung nota belanjaan hehe.


Harga
Asus X555QG ini dibanderol dengan harga kisaran Rp 7 juta-an. Hal yang tak ketinggalan adalah garansi. Masa garansi bisa digunakan adalah selama 2 tahun.

Asus X555QG Laptop Idaman Mahasiswa dan Semua Kalangan


Kesimpulan
Asus X55QG dengan Processor AMD dan dilengkapi memori grafis AMD memiliki spek yang unggul untuk menunjang segala aktivitas yang memerlukan grafis bagus. Tentunya menjadi sahabat karib multimedia untuk menciptakan kenikmatan tersendiri bagi usernya apalagi didukung dengan teknologi audio yang baik. Sehingga laptop ini akan bertahan lama  menghuni setiap ruang jiwa yang ingin memiliki. Tidak hanya menjadi idaman mahasiswa dan pelajar, namun fitur-fiturnya yang unggul pun mampu menarik segala profesi, segala generasi, segala kalangan.  Apalagi buat kamu iya kamu wahai para aktivis dakwah yang bergerak di bidang multimedia. Sebab, (kembali bahsan awal) kebutuhan informasi semakin berkembang. Multimedia semakin ke sini memerlukan perangkat yang punya spesifikasi mumpuni.

Artikel ini diikutsertakan pada Blog Competition ASUS AMD - Laptop For Everyone yang diselenggarakan oleh bocahrenyah.com 

Sumber gambar:
channel.asus.com
canva.com
edited by me

Komentar

  1. Mantep juga ya spesk snsv eh Asus X555QG, tapi utk keperluan kita yg suka kemana2 perlu laptop aka mobilitas tinggi kurang nyaman karena layarnya kegedean. Hehe

    Matur nuwun review-nya, mudah-mudahan laptopnya kebeli. Hehe

    BalasHapus
  2. Asus memang bagus dan favorit ya mbak. Harganya pun relatif terjangkau.

    BalasHapus
  3. Kalau buat dimana mana ASUS X555QG ini memang masih cukup berat dibawa. Tapi kalau buat kerja dirumah atau dikantor sih ini rekomended. Apalagi buat gaming. Cuma di notebook ini masih boros baterai buat saya yang udah pernah pegang ini notebook.

    BalasHapus
  4. saya mupeng banget sama laptop ini, mauuuuu!!!!!

    BalasHapus
  5. Wah aq naksir berat nih mb sama laptop ini

    BalasHapus
  6. pengen banget punya keren ya teh :) gudluck teh

    BalasHapus
  7. 7 jutaan dengan spek keren gitu? Mantaaap!

    BalasHapus
  8. Performa bagus kan ya mba buat design? Thanks infonya mbak :)

    BalasHapus
  9. Asus memang mantep. Netbook tua saya juga Asus. Sudah 7 tahun dia menemani saya dalam suka duka. Tahun ini LCD-nya mulai menunjukkan kerentaan usia.eaa..

    BalasHapus
  10. laptop dengan harga terjangkau ini ya

    BalasHapus
  11. Speknya bikin enggak mau berhenti mimpi bisa beli ini hihihi..Emang keren Asus !!

    BalasHapus
  12. Terima kasih sudah berpartisipasi dalam Blog Competition ASUS AMD - Laptop for everyone. Good luck yaaa...

    BalasHapus

Posting Komentar