Cara Mencuci Gendongan Bayi dengan Babymax

Cara Mencuci Gendongan Bayi

Ternyata gendongan baru itu perlu dicuci lho, ibu-ibu. Waktu itu ceritanya dapat doorprize Kopdarnas Bandung Babywearers berupa WW Maisha warna pinkpearl. Lumayan banget, mimpi punya Woven Wrap (WW) alhamdulillah kesampaian dan dapat gratis pula. Nah, nah, setelah ngobrol di grup Bandung Babywearers, si gendongan baru harus dicuci terlebih dahulu, untuk menghilangkakn zat-zat kimia dari proses produksi. Nyucinya harus pakai detergent khusus. Kenapa? Saat bayi digendong tidak jarang dia suka menggigit bagian-bagian gendongan. Seperti Hafshah ini suka jilat-jilat gendongannya. Nah, ini bahaya kalau pakai detergent biasa. Soalnya detergent biasa itu akan meninggalkan residu. Residu detergent berbahaya bagi kulit bayi yang sensitif apalagi kalau sampai dijilat-jilat, digigit dan semacamnya.

Karena belum punya detergent khusus, akhirnya kuminta tolong Teh Asri untuk mencucikannya, sebelumnya beliau menawarkan diri sih. Alhamdulillah. Terima kasih Suhu! Nah, tips-tips mencuci gendongan juga sebagian besar didapat dari beliau.

Lain halnya dengan gendongan SSC (Soft Structured Carrier) yang kami miliki. Masa iya mau numpang dicuciin lagi. Pas sekali Teh Alvy salah satu member Bandung Babywearers memberi info sekaligus menawarkan jasa titip beli Babymax Detergent yang saat itu sedang diskon di JD.ID. Langsung deh ikutan titip.

Kenapa pilih babymax? Salah satunya karena babymax ini FREE SLS lho ibu-ibu. SLS (Sodium Lauryl Sulfate) ini bisa mengakibatkan iritasi terhadap kulit. 

Ternyata oh ternyata, babymax juga punya varian Bottle & Utensils Cleanser pas banget Hafshah lagi masa-masa MPASI. Dan kalau pergi-pergi seperti beberapa hari lalu, selain bawa peralatan makan juga bawa sabun cucinya. Untuk babymax kemasan travel ini baik yang Detergent maupun Bottle & Utensils Cleanser membantu banget. Aku belinya juga di JD.ID, mumpung lagi banyak diskon. Dan saat barang datang. Wah... paketnya rapi sekali. Ada Sealed Airnya jadi barang yang mungil ngga goyah dalam box. Terus barang juga diplastik. Terus lagi ada invoice dan sekaligus form pengembalian barangnya.
Belanja JD.ID
Unboxing Paket Babymax dari JD.ID

Oya, aku makin suka sama babymax karena customer servicenya fast respon. Jadi ceritanya ada kekeliruan dari barang yang kuterima. Aku mencoba memastikan hal tersebut ke admin di instagram. Sesuai dugaanku hal tersebut kekeliruan yang tidak disengaja. Kemudian admin babymax meminta maaf dan menawarkan salah satu produk barunya sebagai permintaan maaf. Sebagai konsumen mendapat jawaban saja sudah membuatku tenang.

Jadi ngelantur ya. Oke. Kembali tentang Cara Mencuci Gendongan Bayi. Untuk menjaga keawetan dan panjangnya usia gendongan, ada beberapa hal yang perlu diketahui:

  • Mencuci gendongan sebaiknya tidak terlalu sering. Yang utama adalah ketika kondisinya masih baru. Kalaupun ada kotoran sedikit, bisa dicuci di bagian yang kotornya saja. 
  • Lebih baik mencuci dengan tangan. Jika menggunakan mesin cuci, pisahkan dengan cucian lainnya. dan menggunakan mode pencucian SOFT (yang perputarannya rendah)
  • Untuk mencuci SSC dengan mesin cuci, semua buckle dipasang (tertutup/menyambung) dan dimasukan ke dalam laundry bag atau jika tidak ada bisa menggunakan sarung bantal supaya tidak terkena mesin spin langsung.
  • Tidak disetrika

Untuk aku sendiri prefer mencuci gendongannya dengan tangan. Berikut tipsnya.

Cara Mencuci Gendongan Bayi:
1. Siapkan bak/ember berisi air secukupnya (+/- 5 gayung)
2. Masukan 5 tetes babymax (Aromanya.. hmmm. Wangi!)
3. Langsung kucek-kucek manja tanpa perlu direndam terlebih dahulu
4. Keringkan dengan dikibas-kibas atau pakai pengering (maklum lagi musim hujan, biar cepet kering tapi dengan memperhatikan  poin penggunaan mesin cuci yang sudah disampaikan sebelumnya)
5.  Jemur tanpa terkena langsung sinar matahaari

Mencuci Gendongan Bayi
Tahapan Mencuci Gendongan Bayi

Cukup mudah bukan? Memiliki gendongan bayi yang nyaman adalah impian bagi sebagian ibu. Apalagi gendongan yang ehem, cukup menguras kantong. Nah, udah berusaha menyisihkan uang belanja bahkan keperluan pribadi demi gendongan tapi ternyata belum bisa merawatnya dengan baik kan sayang. Sayang juga dengan kesehatan adik bayi. Yang sekarang lagi dalam masa-masa gemashnya. Gemash nyot-nyot sana-sini. Semoga gendongan ibu-ibu awet sepanjang masa dan bisa diwariskan untuk anak-anak berikutnya. Jangan lupa ajak-ajak diriku untuk icip gendongannya ya. Hehehe.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Terima kasih kepada banyak pihak yang telah memberikan kontribusinya. Silakan jika teman-teman ada koreksi atau tambahan :)


Komentar

  1. Oh baru tau ada detergent khusus bayi.. Dulu jaman anak2ku pake detergent biasa, hiks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Teh. Alhamdulillah ngga apa-apa ya. Kalau pakaian bayi aku masih pakai detergent biasa. Alhamdulillah sejauh ini aman. Tapi untuk perkakas yang sekiranya bakalan diemut-emut semacam gendongan, lebih milih detergent khusus

      Hapus
  2. makasi tipsnya teh noted banget kupun jarang cuci gendongan next klo anak kedua lahir mesti rajin juga dicuci gendongannya xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sami-sami, Teh. Iya, dicuci gendongannya apalagi kalau yang masih baru. Tapi pemakaian berikutnya lebih disarankan kalau urgent banget harus dicuci baru deh dicuci. Atau kucek manja di beberapa bagian yang perlu saja

      Hapus
  3. Gemes nih pgn nyuci gendongan, tp ujan terus :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya. Musim hujan ya, Teh. Makanya kupakai pengering. Alhamdulillah dua hari dijemur di dalam rumah udah bisa dipakai lagi.

      Hapus
  4. Alhamdulillah, akhirnya dicuci juga ya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe. Alhamdulillah nggih, Bi. Nunggu sabunnya dateng..

      Hapus
  5. wah... dulu aku aku termasuk yang jarang cuci gendongan. abis cuma punya satu jadi abis dipake dijemur aja biar kering.. abis itu dipake lagi... lagian dulu belum ada detergent khusus kayak gini jadi bau detergent banget kalau pake detergent biasa

    BalasHapus

Posting Komentar