Belajar dari Kuda


Perbincangan singkat dengan kusir kuda membuat renungan berharga.

#1 Seekor kuda dengan usia 1 tahun sudah bisa dimanfaatkan untuk menarik delman. Mengangkut penumpang dengan berbagai porsi tubuh. Meski dipecut tetap berjalan tanpa menciut.

Terhenyak diingatkan tentang QS 7:179
"Dan sungguh akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah."

Tergambar perumpamaan dari Allah tersebut. Bagaimana manusia bisa lebih 'sesat' dari binatang ternak. Na'udzubillah..

Dari kuda saya belajar. Bagaimana binatang bisa membawa manfaat. Sedangkan manusia yang lengah, terperosok jauh dari kemanfaatannya.

#2 Setelah berusia kurang lebih 11-12 tahun, kuda akan selesai dioperasikan oleh Kusir. Karena sudah tidak produktif lagi, kuda akan dijual ke tukang jagal dan selanjutnya masuk ke tempat penyembelihan.

Di konteks yang berbeda.
Kembali diingatkan tentang QS. 6:133
"Dan Rabbmu Mahakaya, penuh rahmat. Jika Dia menghendaki, Dia akan memusnahkan kamu dan setelah kamu (musnah) akan Dia ganti dengan yang Dia kehendaki, sebagaimana Dia menjadikan kamu dari keturunan golongan yang lain."

Selalu ingat akan nasihat ini; "Islam akan tegak dengan atau tanpa kalian."

Semoga kita senantiasa membawa manfaat bagi Islam dimana pun dan kapan pun. Aamiin Ya Rabb

‪#‎selfreminder‬
Jazakillah Mi...

Komentar